Pelaku Ekonomi dan Interaksi Antarpelaku Ekonomi

Para pelaku ekonomi


Dalam ilmu ekonomi, pelaku ekonomi terdiri dari pelaku ekonomi rumah tangga keluarga, rumah tangga produsen, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Berikut in i adalah uraian lebih rinci mengenai para pelaku ekonomi.

 

Rumah tangga keluarga


Ada dua peran yang dimainkan oleh rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi, yaitu sebagai konsumen dan sebagai penyedia jasa faktor produksi. Sebagai konsumen, rumah tangga keluarga membeli barang-barang dan jasa-jasa yang disediakan rumah tangga produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Rumah tangga juga beperan sebagai penyedia faktor produksi. Faktor produksi yang dimaksud adalah berupa tenaga kerja, tanah, dan juga modal. Dari fakktor-faktor produksi tersebut, rumah tangga keluarga memperoleh peenghasilan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan.

 

Rumah tangga produsen


Rumah tangga produsen, atau sering disebut sebagai perusahaan, merupakan kesatuan yuridis ekonomiss dari faktor-faktor produksi yang bertujuan mencri laba atau memberi layanan kepada masyarakat.
 
Dilihat dari sisi kepemilikannya, perusahaan dapat dibedakan atas perusahaan milik negara dan perusahaan swasta. Perusahaan negara pada umumnya menekankan layanan kepada masyarakat tanpa bertujua mencari laba. Perusahan swasta dan perusahaan negara berbentuk persero hampir sebagian besar bertujuan mencari laba.

 

Pemerintah


Pada Pasal 33 ayat 2 UUD 1945 berbunyi “cabang-cabang produksi yang penting  bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.” Selanjutnya pada Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 disebutkan bahwa “Bumi, air, dan kekayaan alam yang dikandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Atas dasar Pasal 33 ayat 2 dan 3 tersebut, maka pemerintah harus berperan sebagai pelaku ekonomi.
 
Oleh karena itu, maka pemerintah mendirikan berbagai Bdan Usaha Milik Negara, misalnya Pertamina. Di samping itu, pemerintah juga melakukan kegiatan konsumsi. Konsumsi itu dapat dilihat misalnya pada belanja barang untuk penyelenggaraan negara dan biaya perawatan harta negara.
 
Selain itu, pemerintah juga ikut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tugas ini diwujudkan dengan berbagai tindakan antara lain membangun sarana dan pra sarana umum seperti jalan raya, jembatan, terminal, dna taman umum. Pemerintah juga berusaha menciptakan kondisi yang baik untuk berusaha dengan menjaga stabilitas harga-harga dan memberlakukan peraturan yang mendorong iklim berusaha.
 
Peran pemerintah yang tidak kalah penting lainnya adalah melakukan distribusi pendapatan agar tidak timbul jurang pemisah yang terlalu lebar antara si kaya dan si miskin. Distribusi pendapatan ini misalnya diakukan pemerintah melalui penerapan sistem perpajakan yang dapat membantu masyarakat miskin.

 
pelaku ekonomi

Masyarakat luar negeri


Masyarakat luar negeri juga merupakan pelaku ekonomi yang harus diperhitungkan. Tanpa hubungan dengan masyarakat luar negeri, keadaan ekonomi akan semakin memburuk. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang diperoleh melalui kerja sama dengan masyarakat luar negeri.
  1. Pemerintah dapat memperoleh pinjaman untuk membiayai pembangunan.
  2. Hasil bumi dan hasil kerajinan Indonesia dapat diekspor ke luar negeri untuk membebaskan devisa.
  3. Memungkinkan pengiriman tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri.
  4. Memungkinkan dilakukannya alih teknologi maju dari masyarakat luar negeri yang sangat bermanfaat bagi negara kita yang sedang membangun.
  5. Memungkinkan negara kita untuk melakukan impor berbagai barang kebutuhan konsumsi dan barang-barang modal untuk menunjang pembangunan.

Interaksi antarpelaku ekonomi


Dalam melakukan kegiatan ekonomi, keempat pelaku ekonomi akan saling berinteraksi sesuai dengan ragam transaksi yang dilakukan. Rumah tangga keluarga membeli barang-barang konsumsi dari rumah tangga produsen. sebaliknya, rumah tangga produsen membeli faktor-faktor produksi dari rumah tangga  keluarga. Perusahaan membayar pajak kepada pemerintah dan sebaliknya pemerintah membangun berbagai sarana dan prasarana umum yang kesemuanya  untuk kepentingan rumah tangga keluarga dan produsen. Rumah tangga keluarga, produsen, dan luar negeri mengekspor barang ke luar negeri. Sebaliknya, masyarakat luar negeri juga mengimpor barang.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam pelaku ekonomi dan interaksi antarpelaku ekonomi. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Pelaku Ekonomi dan Interaksi Antarpelaku Ekonomi"

Post a Comment