Sunday, 28 February 2016

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Peran Pasar Persaingan Sempurna

loading...

Pengertian pasar persaingan sempurna


Pasar persaingan sempurna harus menggambarkan suatu keadaan, di mana penjual dan pembeli tidak mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran. Dengan kata lain, harga yang terbentuk adalah cerminan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen sedangkan penawaran merupakan cerminan keinginan produsen atau penjual.


Ciri-ciri pasar persaingan sempurna


Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut :


a.    Terdapat banyak pembeli, tetapi tidak mampu mempengaruhi harga

Harga di pasar ditentukan oleh kekuaran permintaan dan penawaran. Berapa pun jumlah barang yang dibeli oleh konsumen, tidak akan dipengaruhi oleh harga. Di sini, pembeli dikatakan sebagai pengikut harga (price-taker).


b.    Terdapat banyak penjual

Seperti halnya pembeli, penjual di pasar persaingan sempurna juga tidak mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga. Biasanya penjual merupakan perusahaan-perusahaan kecil. Penjual yang menjual barangnya di bwah harga pasar akan menderita kerugian, sementara apabila ia menjual di atas harga pasar, tidak akan ada konsumen yang mau membelinya. Dengan kata lain, penjual tidak memiliki kekuatan untuk menentukan harga, meskipun dia bisa menentukan berapa kuantitas yang akan dia jual.


c.    Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan

Semua produk di dalam pasar persaingan sempurna terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C. Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh.


d.    Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna

Jika industri di dalam pasar ini mendapat keuntungan yang besar, maka banyak perusahaan-perusahaan baru yang akan ikut masuk ke pasar. Begitu pula sebaliknya, jika industri tersebut mengalami kerugian, maka beberapa perusahaan akan meninggalkan pasar. Tidak ada hambatan bagi setiap perusahaan untuk masuk dan keluar pasar ini.

pasar persaingan sempurna

e.    Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfect information)

Pembeli mengetahui jenis barang dan harga yang dikenakan oleh perusahaan. Demikian pula penjual mengetahui tingkat permintaan konsumen, harga, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk.


f.    Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan

Tidak ada kekuatan luar yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli, termasuk dalam hal ini pemerintah.

Sebenarnya, di dunia nyata masih sulit mencari contoh pasar persaingan sempurna yang sesungguhnya. Akan tetapi, untuk bisa memahami bagaimana pasar persaingan sempurna bekerja, kita bisa melihat pada pada perusahaan beras.

Sesuai dengan karakteristik pasar persaingan sempurna, jumlah penjual dan pembeli beras sangat banyak sekali karena memang merupakan kebutuhan pokok di negara kita. Setiap pembeli dan penjual merupakan pihak yang tidak mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga. Artinya, setiap perusahaan merupakan pengikut harga. Setiap penjual dan pembeli juga mempunyai informasi lengkap dan sama tentang produk yang mereka perjualbelikan, dan beras merupakan produk yang homogen.


Peran pasar persaingan sempurna bagi masyarakat


Harga barang pada pasar persaingan sempurna bersifat datum. Artinya, produsen tidak akan dapat mempengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Oleh karena itu harga yang terbentuk di pasar merupakan suatu batas apakan produsen sudah bekerja efektif dan efisien dalam menekan biaya dan berproduksi secara optimal. Produsen yang berproduksi dengan biaya di atas harga pasar akan mengalami kerugian.

Sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biaya seminimal mungkin sehingga dapat memproduksi dengan harga pokok di bawah harga pasar akan mendapatkan keuntungan. Jadi pasar persainga sempurna mendidik masyarakat melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke masyarakat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga yang murah.


Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna


Kebaikan pasar persaingan sempurna


Salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna adalah harga yang terbentuk berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran. Harga menjadi indikator bagi kinerja produsen. jika produsen memproduksi barang di atas harga pasar maka perusahaan itu akan rugi. Agar dapat bertahan, perusahaan harus memperbaiki kinerja.

Di lain pihak, jika perusahaan dapat menawarkan barang di bawah harga pasar, itu berarti fungsi produksinya telah berlangsung secara efisien. Dengan demikian pasar persaingan sempurna memberikan barang yanag harganya logis, sesuai dengan permintaan pasar. Pasar persaingan sempurna terpacu untuk berproduksi dengan efisien. Di samping itu, sumber daya produksi bebas keluar atau masuk, sehingga kegiatan ekonomi lebih sehat dan bergairah.

Keburukan pasar persaingan sempurna


Pada pasar persaingan sempurna, barang yang diperdagangkan bersifat homogen. Tidak ada keunggulan suatu produk dibandingkan produk lain. Inovasi menjadi terhambat. Ini merupakan kekurangan pasar persaingan sempurna.

>

loading...
Pengertian, Ciri-Ciri, dan Peran Pasar Persaingan Sempurna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment